Bagaimana Anda melayani pelanggan?
Dengan mendengarkan mereka? Dengan memberikan janji kepada mereka? Atau
dengan selalu memanjakan mereka? Tidak ada yang salah dari cara itu.
Karena pelanggan memang menjadi suatu kebutuhan dan keharusan yang
dimiliki sebuah bisnis. Oleh karena itu setiap perusahaan harus tahu
bagaimana mereka melayani dan membuat pelanggan mereka senang berbisnis
dengannya. Dan apa saja caranya? berikut ini beberapa diantaranya:
1. Benar – benar mendengarkan mereka
Seorang pelanggan yang datang pada
bisnis Anda tentu menginginkan sebuah solusi dari masalah yang mereka
miliki. Ketika mereka bercerita dan mengeluhkan sebuah masalah maka
tugas Anda adalah mendengarkan mereka dengan baik dan memperhatikan
setiap detail kebutuhan mereka. Jangan pernah sekalipun menyela ucapan
mereka. Dengarkan dan perhatikan saja apa yang mereka ingin sampaikan.
Setelah Anda mendengarkan dengan baik, Anda bisa dengan mudah menawarkan
solusi kepada mereka.
2. Jangan mengabaikan mereka
Pelanggan hanya ingin dilayani dengan
cepat, bahkan jika jawaban Anda tidak dapat dikirimkan segera, mereka
masih tetap ingin mendapatkan jawaban yang mereka inginkan. Jangan
pernah mengabaikan setiap pertanyaan pelanggan. Dan jangan sampai Anda
mengingkari setiap janji yang Anda buat kepada mereka. Buatlah janji
yang mudah untuk Anda penuhi.
3. Mengakomodasi kebutuhan pelanggan
Anda pasti sadar bahwa melayani
pelanggan bukanlah hal yang mudah. Mendengarkan setiap permintaan dan
kebutuhan mereka tentu tidaklah mudah. Anda juga tidak bisa memastikan
bahwa segala kebutuhan pelanggan dapat Anda penuhi dengan cepat. Tapi
ini bukan berarti Anda tidak mau mendengarkan atau bahkan mengabaikan
permintaan pelanggan. Anda bisa mengakomodasi setiap permintaan
pelanggan. Meskipun banyak dan tidak mungkin, pelanggan akan tetap
menjadi brand ambassador potensial bagi bisnis Anda.
4. Membangun kepercayaan
Banyak cara yang dapat Anda lakukan
dalam upaya membangun kepercayaan bagi pelanggan Anda. Anda memang harus
terus memberikan pelayanan terbaik mulai dari mendengar hingga memenuhi
janji kepada pelanggan Anda. Ketika Anda mampu memberikan apa yang
pelanggan inginkan dan terus memberikan pelayanan terbaik, secara
otomatis pelanggan akan mempercayai apa yang Anda tawarkan.
5. Hidupkan nilai perusahaan
Untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan
akan bertahan lama di pasaran, mereka harus bisa menghidupkan nilai
perusahaan. Salah satu caranya yaitu melalui pelayanan kepada pelanggan.
Anda dapat menunjukkan apa dan bagaimana bisnis Anda melalui tata cara
dan teknik Anda dalam melayani pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka.
Setiap karyawan yang dimiliki harus tahu cara ini, karena tidak menutup
kemungkinan mereka akan bertemu dengan salah satu pelanggan Anda di luar
sana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar