Salam adalah merupakan tata cara bersahabat yang paling mendasar sebagai
kata sambutan kepada tamu yang data dan menginap, saat tamu mulai
memasuki gerbang hotel kita diharapkan para staff mengucapkan salam
sebagai sambutan hangat bagi para tamu.
Salam dilakukan disertai dengan senyum kepada tamu sehingga memberikan
kesan sambutan hangat seolah-olah kedatangannya sangat ditunggu-tunggu
oleh para penghuni rumah.
2. Memperkenalkan diri kepada tamu
Saat kita melakukan salam tidak serta merta kita berhenti disitu saja,
akan tetapi langkah lanjutan adalah anda harus datang menghampiri tamu
tersebut dan memperkenalkan diri anda, seperti kata pepatah "tak kenal
maka tak sayang"
Perkenalan harus dilakukan dengan penuh rasa hormat dan menjaga etika
antara kita dan tamu itu sendiri, untuk menghindari sesuatu yang tidak
diharapkan.
3. Membawa barang bawaan tamu
Setelah memperkenalkan diri anda
diharapkan membawa barang bawaan tamu yang dalam hal ini merupakan tugas
seorang porter dalam melayani dan membawa barang bawaan tamu tersebut
4. Mengantar tamu ke Lobby
Dalam anda melakukan sambutan kepada tamu
anda harus melanjutkan proses registrasi di bagian front office, maka
kita selaku bagian depan dari departemen perhotelan diharuskan untuk
mengantarkan tamu hingga mencapai lobi sebagai tempat terhenti pekerjaan
sambutan awal tamu menginap.
5. Melanjutkan Registrasi ke Bagian Front Oficce
Terakhir adalah melanjutkan registrasi, proses pendaftaran tamu bahwa dia telah melakukan booking terlebih dahulu ataupun belum adalah tugas bagian front desk untuk mengklarifikasi booking dari tamu. jadi dalam tata sambutan serta salam akan berakhir di bagian front desk departement sebagai bagian terdepan dalam perusahaan perhotelan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar